\

1000 Pramuka Hadiri Inagurasi Robert Baden Powell ke 167 di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Lebih dari 1000 Pramuka menghadiri Inagurasi Robert Baden Powell ke 167 dirangkai dengan Closing Ceremony Patriot Scout Competition dalam rangka menyongsong hari ulang tahun ke 31 Kota Tangerang di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Sabtu malam 24 Februari 2024.

Para peserta dari Pramuka Penggalang dan Penegak pada malam inagurasi itu membentuk lingkaran besar persaudaraan di lapangan yang di tengahnya menyala api unggun. Inagurasi Robert Baden Powell ke 167 dan Patriot Scout Competition ini digagas dan digelar oleh Saka Patriot Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Tangerang.

Pada acara itu hadir Penjabat (Pj) Walikota Tangerang Nurdin, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Tangerang Suli Rosadi, pengurus Kwarcab Kota Tangerang serta para tokoh Pramuka nasional dan internasional di antaranya Supriadi.

Pj Walikota Tangerang Nurdin menegaskan, Pramuka salah satu organisasi penting dalam membentuk karakter generasi muda. Pramuka mengajarkan banyak hal serta dapat menciptakan persahabatan bagi generasi muda dalam membangun dunia.

Para peserta Patriot Scout Competition 2024 diminta untuk dapat terus mengembangkan bakat dan kemampuannya dalam bidang kepramukaan. “Saya berharap, gerakan Pramuka semakin maju, dapat berkontribusi dalam membangun Kota Tangerang, Banten, Indonesia bahkan International sebagai mana yang dicita-citakan,” ungkap Pj Walikota Tangerang Nurdin. 

Untuk kemajuan Pramuka di Kota Tangerang harus adanya kolaborasi dari semua pihak. Membina dan membangun gerakan Pramuka di Kota Tangerang harus dilakukan dengan kolaborasi, sehingga terwujudnya masyarakat Kota Tangerang yang sejahtera dan berdaya saing.

Ketua Kwarcab Kota Tangerang, Suli Rosadi mengungkapkan perhelatan Patriot Scout Competition 2024 diinisiasi oleh Saka Patriot binaan Dispora Kota Tangerang. Ajang ini menjadi pemacu bagi para pembina dan satuan gugus depan yang lain bisa menjadi penyemangat membangun kemajuan Gerakan Pramuka di Kota Tangerang.

“Untuk ke depan, kami punya kekhususan bagaimana cara mengemgangkan Pramuka menciptakan para remaja atau para generasi yang mampu menjadikan dirinya menciptakan lapangan pekerjaan. Mereka akan dilatih kewirausahaan,” terang Ketua Kwarcab Kota Tangerang, Suli Rosadi yang juga Kepala Dinas Industri Pedagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Indagkop UKM) Kota Tangerang.

Pembina Saka Patriot Dispora Kota Tangerang, Kaonang menghaturkan terima kasih kepada Pj Walikota Tangerang, Ketua Kwarcab Kota Tangerang, para tokoh Pramuka nasional juga para pihak yang telah mendukung dan hadir pada ajang serta perhelatan ini.

“Insyaa Allah di tahun ini Kota Tangerang akan menyelenggarakan International Scout Festival yang bisa dihadiri peserta dari negara-negara Asia Tenggara,” jelas Kaonang yang juga sebagai Wakil Ketua Kwarcab Kota Tangerang dan Kepala Dispora Kota Tangerang didampingi Kabid Pemuda Dispora Supendi Dispora dan Kabid Olahraga Dispora Jejen Jaenudin.***

  • Ateng Sanusih