\

700 Atlet Bertarung di Liga Pelajar dan Mahasiswa Taekwondo Kota Tangerang 2023

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Sebanyak 700 atlet mengikuti Liga Pelajar dan Mahasiswa Taekwondo Kota Tangerang di Gor Jatiuwung 11 – 12 Desember 2023. Para atlet tersebut berasal dari sekolah-sekolah dan klub taekwondo yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang membuka langsung kejuaraan tersebut, Senin 11 Desember 2023 di Gor Jatiuwung. Kaonang didampingi Kepala Bidang Olahraga Dispora Jejen Jaenudin, Ketua Tim Kerja Olahraga Dispora Elvida Nuke Nilvana dan Ketua Tim Kerja Sarana Prasarana Dispora Sukamto.

Kepala Dispora Kaonang menegaskan, Kota Tangerang pada pertengahan 2024 menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten. Bila atlet taekwondo berhasil merebut medali emas dalam Popda, maka bagi yang pelajar SMP sederajat dapat memilih sekolah lanjutan (SMA) sederajat yang diinginkan.

Seluruh atlet dalam Liga Pelajar dan Mahasiwa Taekwondo Kota Tangerang 2023 disertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

“Bagi yang pelajar SMA sederajat dalam Popda XI Banten 2024 berhasil merebut medali emas, maka bisa melanjutkan kuliah gratis sampai lulus di Universitas Yatsi. Selain itu Pemkot Tangerang juga menyediakan bonus uang,” ungkap Kepala Dispora Kaonang.

Dikatakannya lebih lanjut oleh Kaonang, pada ajang ini semua atlet disertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan selama satu bulan. Jadi bila mana atlet dalam kurun satu bulan kepesertaan program perlindungan ini mengalami cedera yang memerlukan perawatan di rumah sakit, maka seluruh biayanya dijamin pihak BPJS Ketenagakerjaa.

Sementara itu Ketua Panitia Liga Pelajar dan Mahasiswa Taekwondo Kota Tangerang 2023, Pitang menjelaskan kejuaraan ini diikuti para atlet dari sekolah-sekolah dan klub taekwondo di Kota Tangerang.

“Kejuaraan ini diikuti 700 peserta dari 62 sekolah dan 35 klub sekota Tangerang. Ini juga menjadi ajang untuk mencari atlet-atlet taekwondo pelajar untuk disertakan dalam seleksi Popda,” jelas Pitang.

Atlet pelajar taekwondo Kota Tangerang, Kayla Kamil bersama orang tua, Siswanto. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

Sebagai salah satu lumbung medali emas, sambung Pitang, maka cabang olahraga taekwondo Kota Tangerang menargetkan pada ajang Popda XI Banten 2024 tak ada kata lain yakni merebut juara umum.

Ditambahkan Pitang, usai bertarung di arena Liga Pelajar dan Mahasiswa Taekwondo Kota Tangerang, selanjutnya tim dari Kota Seribu Industri Sejuta Jasa ini akan berlaga di gelanggang Kejuaraan Daerah Taekwondo Provinsi Banten.

Sementara itu Siswanto, salah satu wali atlet dari Kayla Kamil siswi SMA 1 Kota Tangerang yang ikut berlaga di gelanggang Liga Pelajar dan Mahasiswa Taekwondo Kota Tangerang 2023 mengatakan dirinya sangat mendukung adanya kejuaraan ini.

“Kejuaraan taekwondo liga pelajar ini sangat positif untuk perkembangan anak-anak sekolah guna berlomba meningkatkan prestasi,” jelas Siswanto, orang tua Kayla Kamil.***

• Ateng San