\

Atlet Panjat Tebing Kota Tangerang Torehkan Catatan Emas di Popnas XVI Palembang 2023

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Lima tahun yang lalu, di Bumi Sriwijaya tepatnya Di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan atlet panjat tebing dari Kota Tangerang, Rajiah Sallsabilla yang tergabung dalam Tim Nasional Panjat Tebing Asian Games 2018, mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

Kini, di tempat yang sama, atlet asal FPTI (Federasi Panjat Tebing Indonesia) Kota Tangerang, Dika Andika yang tergabung dalam Kontingen Panjat Tebing Provinsi Banten diberikan kemampuan mempersembahkan medali emas untuk Provinsi Banten pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI tahun 2023 di nomor speed perorangan putera.

Torehan catatan emas di Bumi Sriwijaya ini menjadi bukti ketangguhan panjat tebing Kota Tangerang bukan jawara regional. Melainkan telah menembus nasional dan internasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan Dika Andika merebut medali emas di ajang Popnas XVI Palembang 2023.

“Ini membuktikan FPTI Kota Tangerang mampu melakukan regenerasi atlet berprestasi emas di arena nasional. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pengurus FPTI Kota Tangerang,” terang Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang didampingi Sekretaris Dispora Eny Nuraeny saat meninjau renovasi fasilitas tinju di Gor Koang, Rabu 30 Agustus 2023.

Dijelaskan Kaonang lebih lanjut, diharapkan cabang olahraga panjat tebing Kota Tangerang menjadi tuan di Provinsi Banten bahkan nasional. Torehan prestasi emas di arena Porprov Banten VI 2022 telah membuktikan, panjat tebing Kota Tangerang mampu mendominasi perolehan medali dan menjadi juara umum.

“Hari ini, panjat tebing Kota Tangerang membuktikan mampu meraih medali emas di arena Popnas XVI Palembang,” ujar Kepala Dispora Kaonang.

Sarana dan prasarana yang disediakan Pemerintah Kota Tangerang, kata Kaonang harapannya bertumbuh dan berkembang atlet-atlet panjat tebing Kota Tangerang untuk mewarnai tingkat nasional dan internasional dengan prestasi gemilang.

“Insyaa Allah di bulan Desember 2023 Kota Tangerang menjadi tuan rumah kejuaraan nasional panjat tebing yang akan digelar di venue bertaraf internasional Tangerang City Sport Climbing Center, Gondrong Kecamatan Cipondoh,” terang Kaonang.

Sementara itu Ketua Harian FPTI Kota Tangerang, Arsani Maidi menjelaskan panjat tebing kontingen Provinsi Banten sebanyak tiga putera dan tiga puteri. Atlet yang berasal dari Kota Tangerang yakni dua putera dan satu puteri yakni Dika Andika, Yogaraksa dan Rahma Aqilah.

“Ketiga atlet tersebut selama ini adalah atlet binaan FPTI Kota Tangerang dan terahir membela Kota Tangerang pada Porprov VI Banten 2022. Ketiga atlet tersebut pun meraih medali emas untuk Kota Tangerang pada Porprov VI Banten,” ungkap Arsani Maidi.

Dikatakan Arsani, selama ini  keenam atlet panjat yang tergabung dalam Kontingen Banten pada Popnas XVI 2023 ini telah melakukan pemusatan latihan sejak bulan Mei di Venue Tangerang City Sport Climbing Center, Gondrong Kecamatan Cipondoh.

“Hasil yang diraih oleh Dika Andika ini memang sudah terprediksi dan salah satu nomor speed perorangan putra menjadi terget medali emas oleh tim pelatih. Kami dari FPTI Kota Tangerang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tangerang melalui Dispora Kota Tangerang atas fasilitas venue. Dispora Banten yang telah memfasilitasi atlet untuk diberangkatkan ke Popnas XVI, tim pelatih yang telah maksimal memberikan menu latihan, sehingga mengantarkan atlet FPTI Kota Tangerang ini memperoleh medali emas di nomor speed perorangan putra,” beber Arsani.***

  • Sumber MediaRepublikan.com