\

Azzam Khairi Zhafir, Atlet Tenis Kota Tangerang Peringkat 10 Nasional

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Siswa kelas 8 SMP Negeri 24 Kota Tangerang ini, prestasi olahraganya berada di level nasional. Azzam Khairi Zhafir, kelahiran 25 Januari 2010 saat ini ia berada di posisi peringkat 10 Peringkat Nasional Pelti (PNP) kelompok umur 14.

Kendati ia sering izin di sekolah karena mengikuti berbagai turnamen tenis di berbagai daerah, namun pestasi di sekolahnya di SMP Negeri 24 Kota Tangerang ia mampu menembus peringkat 4.

“Selain menjuarai kejuaraan nasional, capaian terbesar Azzam adalah juara 1 ganda putra kejuaraan Asia (ATF/Internasional) U-14 pada Oktober 2023,” jelas Azzam saat hadir ke ruang Humas Dispora Kota Tangerang untuk bincang-bincang dalam podcast Gelanggang Inspiratif bersama Kepala Dispora Kaonang, Rabu 13 Maret 2024.

Meskipun usianya baru menginjak 14 tahun, namun Azzam akan memulai petualangan baru dalam cabang olahraga tenis di kelompok umur (KU) 16 tahun. Azzam berusaha untuk menaikkan level permainan dengan mencoba bertanding melawan pemain-pemain dengan usia, permainan dan pengalaman di atasnya.

“Tentunya akan mendapatkan pengalaman bagus yang akan menguatkan mental dan permainan Azzam sendiri. Azzam sangat mengharapkan dukungan baik dari pihak Pelti Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang dan seluruh warga Kota Tangerang, agar dapat berjuang maksimal membawa dan mengharumkan nama Kota Tangerang di dunia tenis nasional maupun internasional,” bebernya.

Azzam, atlet tenis junior binaan West Tennis Academy dan Pelti Kota Tangerang. Januari 2023 bergabung dengan West Tennis Academy (WTA) dilatih langsung oleh Wynne Prakusya, seorang legenda tenis Indonesia yang sudah mendunia.

Awal kenal dengan cabang olahraga tenis, saat dirinya masih di Lampung. Berawal ia hanya ikut-ikutan ayahnya belajar tenis di kantor. Mencoba dan akhirnya mencintai olahraga tenis lapangan.

“Menekuni dan fokus berlatih tenis dimulai saat usia hampir 11 tahun — November 2020. Termasuk terlambat untuk anak-anak berlatih tenis dengan tujuan prestasi. Tetapi tidak ada kata terlambat bagi Azzam, yang ada berusaha gigih dan bersemangat berlatih,” jelasnya.

Azzam juga masuk ke dalam atlet binaan Pelti (Persatuan Lawn Tenis Indonesia) Kota Tangerang yang bersiap membela Kota Tangerang dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten di Kota Tangerang, Juni 2024.

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang menyebutkan Azzam atlet tenis junior berbakat yang kini menanjak ke jenjang level nasional dan internasional.

“Azzam ini menjadi model pelajar putera yang memilih olahraga menjadi aktivitas di luar sekolah. Ini patut ditiru oleh para pelajar Kota Tangerang,” terang Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang.***

• Ateng San