\

Bupati Poso Acungi Jempol Super Apps Tangerang Live

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Penerapan konsep smart city dan e-government yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berhasil menarik minat serta atensi dari berbagai instansi dan juga pemerintah daerah di Indonesia.

Salah satunya adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso, yang secara resmi turut mengadopsi implementasi aplikasi smart city Kota Tangerang melalui penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kabupaten Poso Tentang Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik antara Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah dengan Bupati Poso, Verna Gladies Merry Inkiriwang.

Pengembangan smart city dan e-government merupakan salah satu ruang lingkup dalam kesepakatan bersama yang dalam kunjungan kerja Pemkab Poso ke Kota Tangerang tersebut dipaparkan langsung Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

“Jadi, di Kota Tangerang ini kami telah mengembangkan smart government dan e-city ini melalui super apps Tangerang Live yang telah terintegrasi dengan berbagai macam modul layanan dengan 203 aplikasi yang dapat diakses oleh masyarakat Kota Tangerang,” papar Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat menerima rombongan Pemkab Poso di Tangerang Live Room Gedung Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Selasa 14 November 2023.

“Tentunya aplikasi Tangerang Live ini akan kami berikan agar dapat diadopsi teman-teman Pemkab Poso secara gratis,” imbuh Walikota Arief.

Selain pengembangan implementasi smart city dan e-government, Walikota Arief turut membeberkan sistem pelayanan publik terpadu yang dikelola Pemkot Tangerang.

Oleh karena itu, Walikota Arief juga mengajak rombongan Pemkab Poso yang dipimpin langsung Bupati Verna untuk berkeliling meninjau infrastruktur serta fasilitas publik yang ada di Gedung Puspem Kota Tangerang dan sekitarnya.

“Luar biasa ya ini seperti di Singapura,” ucap Bupati Verna saat meninjau city gallery di Puspem.

Bupati Verna yang juga merupakan peserta Kursus Pemantapan Pimpinan Daerah (KPPD) Lemhanas tersebut memuji dan mengacungi jempol berbagai inovasi yang telah dilakukan Walikota Arief Rachadiono Wismansyah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di Kota Tangerang.

“Memang selama di Singapura mengikuti kegiatan Diklat Lemhanas bersama ini kalo kita lihat memang ternyata sudah banyak juga yang dilakukan di Singapura itu telah dilakukan di Kota Tangerang. Jadi best practice-nya sudah beliau jalankan,” ungkap Bupati Verna.

“Memang selama di Singapura mengikuti kegiatan Diklat Lemhanas bersama, kalau saya lihat apa yang telah dilakukan di Singapura, ternyata sudah banyak juga yang dilakukan Pemkot Tangerang. Jadi best practice-nya sudah beliau jalankan,” ungkap Bupati Verna.

“Makanya tidak heran beliau ini selama diklat selalu terdepan. Makanya kami ingin belajar banyak dari beliau terutama tentang penerapan super apps Tangerang Live yang tentunya kita acungi jempol dan akan kita terapkan dan adopsi di Kabupaten Poso bersama dengan aplikasi SimasN dan juga Laksa,” tukas Bupati Poso Verna Gladies Merry Inkiriwang.

Adapun hingga saat ini daerah yang telah mengadopsi aplikasi milik Pemkot Tangerang yaitu sebanyak 47 yang terdiri dari kabupaten, kota dan provinsi di tanah air.***

• Ateng San