\

Diisi Personil Pelajar dan Mahasiswa, Korsik Besutan Dispora Kota Tangerang Tampil Memukau pada Upacara 17 Agustus

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Korps Musik (Korsik) besutan Dinas Pemuda Olahraga Kota Tangerang yang membawakan instrumen musik lagu kebangsaan Indonesia Raya saat upacara peringatan hari kemerdekaan Republikan Indonesia ke-78 tampil mempesoan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang, mengungkapkan Korsik merupakan binaan dari Bidang Pemuda Dispora, pada kali ini telah regenerasi baru.

“Korsik pada Upacara 17 Agustus 2023 ini diisi oleh 30 pelajar dari tingkat SMP hingga mahasiswa. Kami ingin memberikan tampilan yang berbeda, apalagi ini sebagai kesempatan bagi mereka untuk dapat tampil di acara sakral ini. Mereka juga dilatih oleh Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Tangerang,” ungkap Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang didampingi Sekretaris Dispora Eny Nuraeny, Kepala Bidang Pemuda Dispora Supendi, Kepala Bidang Olahraga Dispora Jejen Jaenudin dan Sub Koordinator Olahraga Elvida Nuke Nilvana di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang.

Kepala Dispora Kaonang mengungkapkan, puluhan pelajar grup korsik yang di tampilkan tersebut berusia 14 – 20 tahun. Mereka merupakan atlet Drum Band Kota Tangerang yang telah mengikuti kejuaraan tingkat provinsi hingga nasional. Meski mereka kali ini tampil perdana dengan waktu latihan yang singkat, namun formasi yang ditampilkan lengkap. Terdapat alat-alat musik yang dimainkan mulai dari trumpet, tuba dan lain sebagainya.

“Dengan alat-alat yang baru, pelatihan yang kuat, mereka dapat tampil secara maksimal pada upacara bendera merah putih yang diselenggarakan di Kota Tangerang. Apalagi mereka juga mengenakan busana merah putih yang selaras dengan Hari Kemerdekaan ke-78 RI, sehingga penampilan mereka hari ini semakin memukau,” tutur Kepala Dispora Kaonang.

Sementara itu, Dimas Permana, pemuda asal Kecamatan Tangerang ini merupakan salah satu pemain korsik mengaku senang dan bangga bisa tampil pada upacara sacral ini. Dirinya yang berkesempatan memainkan alat musik senar ini telah mempersiapkan diri bersama teman-temannya untuk menampilkan yang terbaik.

“Awalnya saya mengikuti marching bank di sekolah lama saya, yakni SMK Telkom Jakarta, dan saya merupakan pemain marching band di Angkasa Pura II. Suatu kehormatan bagi saya bisa tampil pada acara sacral di Kota Kelahiran saya,” ungkap Dimas.

Mereka juga tampil pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, di lokasi yang sama, Kamis sore 17 Agustus 2023 pukul 16.00.***

  • Sumber MEDIAREPUBLIKAN.COM