\

Dinilai Sukses, Kota Tangerang Ditunjuk Kembali Jadi Tuan Rumah IDCI 2024

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Penyelenggaraan Indonesia Drum Corps International (IDCI) 10 – 12 November 2023 di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang mendapat pujian dari banyak pihak. Kota Tangerang dinilai layak untuk menjadi tuan rumah kembali perhelatan IDCI dengan peserta banyak dari mancanegara.

Atas kesuksesan penyelenggaraan IDCI 2023 ini, maka pengurus Indonesia Drum Corps Association (IDCA) bersepakat untuk menggelar kejuaraan yang sama di Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang 1 – 4 Agustus 2024.

Anggota DPR RI Rano Karno menghaturkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tangerang atas penyelenggaraan perhelatan internasional. “Terima kasih saya kepada pak Walikota Tangerang dan Kadispora yang menyediakan Stadion Benteng Reborn untuk menjadi arena gelaran IDCI,” jelas Rano Karno yang juga founder IDCI.

Mantan Gubernur Banten itu mengungkapkan pada tahun 2025 Stadion Benteng Reborn Kota Tangerang diminta kembali untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia drum corps.

“Karena kota ini dekat dengan Bandara Soekarno Hatta. 25 negara datang ke sini untuk kejuaraan dunia. Minimal satu negara menyertakan tim sebanyak 200 orang. Stadion ini cukup untuk menjadi arena kejuaraan itu,” terang Rano Karno.

Anggota DPR RI Rano Karno bersama Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang, Deputi II Kemenpora Raden Isnanta dan Presiden IDCA Haridoyo menyaksikan final IDCI di Stadion Benteng Reborn, Minggu malam 12 November 2023. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

Deputi II Kementerian Pemuda Olahraga, Raden Isnanta saat membuka IDCI Jumat 10 November menyatakan, ini merupakan pagelaran terbaik dari Kota Tangerang untuk Indonesia bahkan dunia. Kota Tangerang pun dinilai cukup terbaik sebagai tuan rumah, yang didatangi sekitar 3.000 orang.

“Dengan ini, sektor hotel akan penuh, kuliner akan lebih dikenal, oleh-oleh pun akan diburu. Ini menjadi keuntungan untuk Kota Tangerang. Semoga semangat ini tidak hilang begitu saja, tapi bisa diteruskan dengan beragam event-event nasional hingga internasional lainnya. Yakni, terus mencari anak-anak berprestasi dari berbagai bidang yang digelar di Kota Tangerang,” ungkap Raden Isnanta

Sementara itu Kepala Dispora Kota Tangerang menghaturkan terima kasih kepada para tamu IDCI dari dalam mau pun luar negeri yang telah mengikuti perlombaan drum corps di Stadion Benteng Reborn selama tiga hari.

Dikatakan Kaonang, perhelatan IDCI ini menjadi daya ungkit ekonomi masyarakat. Kehadiran para peserta lomba itu ke Kota Tangerang mengukuhkan daerah ini layak dikunjungi yang menyuguhkan sport tourism dan sport tainment.

“Kita liat dalam IDCI 2023 yang digelar di Stadion Benteng Reborn, usaha mikro kecil menengah menjadi terdongkrak. Jejeran gerai UMKM hampir memenuhi area parkir depan Stadion Benteng Reborn,” ungkap Kepala Dispora Kaonang.***

• Ateng San