\

IDCI Digelar di Kota Tangerang, Ribuan Peserta Siap Hadir di Stadion Benteng Reborn

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Sebanyak 35 tim drum corps dari dalam dan luar negeri akan tampil di arena Indonesia Drum Corps International (IDCI) yang digelar di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang 10 – 12 November 2023. Pihak panitia menyebutkan pada perhelatan tersebut, diperkirakan sebanyak 3000 peserta dari dalam dan luar negeri akan kumpul di Stadion Benteng Reborn untuk unjuk kebolehan.

Panitia penyelenggara perhelatan tersebut kini tengah menyiapkan dan menata Stadion Benteng Reborn untuk perhelatan akbar itu. Ketua Indonesia Drum Corps Association (IDCA) Kota Tangerang, Arief Hidayat kepada TangerangSatu.co.id menjelaskan IDCI ini perdana digelar di Kota Tangerang.

“Sebanyak 33 tim dari dalam negeri ditambah dua tim dari luar negeri telah memastikan untuk menjadi peserta IDCI 2023. Yang dari luar negeri yakni peserta Negeri Gajah – Thailand menyertakan dua tim. Diperkirakan mencapai 3000 peserta akan hadir di Kota Tangerang,” jelas Ketua IDCA Kota Tangerang, Arief Hidayat di tengah persiapan gelaran tersebut di Stadion Benteng Reborn, Selasa petang 7 Oktober 2023.

Lebih lanjut Arief Hidayat menjelaskan, selain tim yang akan serta, IDCI 2023 ini juga dihadiri delegasi dari Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, Filipina dan Asean. Tak hanya itu, sambung dia, ada tiga juri IDCI ini yang didatangkan khusus dari Amerika Serikat.

“Perlombaan ini memakai standar Amerika Serikat. Karena direncanakan pada tahun berikutnya gelaran ini akan menjadi salah satu seri perlombaan dari Amerika Serikat untuk wilayah Asia,” ujarnya.

Ketua IDCA Kota Tangerang, Arief Hidayat. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

Arief Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, Dinas Pemuda Olahraga dan Olahraga, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan serta semua pihak yang memberi dukungan untuk kesuksesan penyelenggaraan besar ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang menjelaskan IDCI ini sport tourism dan sport tainment yang tengah digencarkan Pemerintah Kota Tangerang. Adanya penyelenggaraan perhelatan internasional di Kota Tangerang ini menjadi daya ungkit ekonomi di Kota Seribu Industri Sejuta Jasa.

“Iya, ini merupakan rangkaian perlombaan atau pertandingan besar yang digelar di Kota Tangerang. Ribuan peserta dari dalam negeri dan luar negeri berlomba menunjukkan kehebatannya di Kota Tangerang. Usai IDCI digelar, 16 – 27 November 2023 Kota Tangerang akan menjadi tuan rumah kejuaraan nasional bola voli usia 17 yang diikuti lebih dari 50 tim putera-putera dari berbagai provinsi di tanah air,” beber Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang didampingi Sekretaris Dispora Eny Nuraeni, Kabid Olahraga Dispora Jejen Jaenudin dan Ketua Tim Kerja Olahraga Elvida Nuke Nilvana.

Diungkapkan Kaonang lebih lanjut, selama para peserta dari dalam negeri dan luar negeri itu mengikuti perlombaan, mereka menginap di hotel-hotel yang ada di wilayah Kota Tangerang. Mereka juga makan di rumah makan yang ada di Kota Tangerang. Tak hanya itu, para peserta tersebut juga berbelanja aneka kuliner maupun suvenir yang ada di Kota Tangerang.

“Ini sangat berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi di Kota Tangerang. Mereka datang ke Kota Tangerang bukan hanya untuk bertanding, tetapi juga menjadi wisatawan di kota yang beemottokan Akhlaqul Karimah,” terang Kepala Dispora Kaonang.***

• Ateng San