\

Jelang Tahun Baru, Pramuka Kota Tangerang Gelar Apel Akbar Kesiapsiagaan

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Menjelang pergantian tahun 2023 ke 2024, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tangerang menggelar apel akbar kesiapsiagaan di Taman Pramuka Jalan Daan Mogot Kota Tangerang, Sabtu malam 30 Desember 2023.

Apel akbar kesiapsiagaan tersebut dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (Indagkop UMKM) Suli Rosadi, Kepala Bidang Pemuda Dispora Supendi, Ketua Tim Kerja Pemuda Dispora Bobby Yunandar dan ratusan anggota Pramuka Kota Tangerang.

Kepala Dispora Kaonang pada kesempatan itu menjadi pembina apel menyebut Pramuka Kota Tangerang keren, menggelar apel kesiapsiagaan tanpa menggunakan anggaran dari anggaran pendapatan belanja daerah.

“Ini terus menggugah semangat temen-temen dan kaka-kaka Pramuka, tidak di posisi apa yang paling hebat, tapi buktikan kalau ada panggilan sebagai anak Pramuka, sebagai orang Pramuka kita harus siap. Saya mengapresiasi kegiatan ini. Mengapa harus pakai apel akbar? Yang mudah diucapkan itu koordinasi, tapi sejatinya di lapangan sulit kalau kita tidak mampu berkoordinasi direncanakan dengan baik,” ungkap Kepala Dispora Kaonang.

Dijelaskan Kaonang lebih lanjut, musim hujan telah tiba dan esok ada pergantian tahun, maka kesiapsiagaan untuk Pramuka Peduli harus dalam keadaan siap.

Di kesempatan itu Kepala Dispora Kaonang mengingatkan kepada Pramuka Kota Tangerang untuk mampu menempatkan diri di tahun politik.

“Pramuka adalah netral, seluruhnya harus tahu diri. Pramuka siapa, Pramuka dimana dan Pramuka harus bagaimana. Kalau mau ikut salah satu tim sukses harus ganti baju, jangan pakai atribut Pramuka. Itulah tahu menempatkan diri,” tegas Kepala Dispora Kota Tangerang.

Kaonang juga menegaskan untuk menjawab tantangan jaman, Pramuka Kota Tangerang harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta ilmu pengetahuan karena setiap jaman ada tantangannya.

Kepala Dinas Indagkop UMKM yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang terpilih, Suli Rosadi mengungkapkan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dispora yang telah menginisiasi menggerakkan Pramuka yang memiliki kesadaran peduli terhadap bencana.

“Hal ini penting untuk memupuk rasa sosial kepada adik-adik Pramuka dan ini bagian dari kewajiban para pembina guna bisa mengkondisikan adik-adik punya rasa kemanusiaan, kebersamaan, kesatuan dan persatuan. Sehingga ke depan terbentuk sebagai generasi yang mengabdi kepada nusa dan bangsa,” beber Suli Rosadi.

Dikatakan Suli, apel kesiapsiagaan ini menjadi kesempatan penting bagi Pramuka Peduli untuk membantu di tahun baru atas keramaian. “Mudah-mudahan adik-adik ini bisa membantu di lapangan dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan di Kota Tangerang sehingga aman,” terang Ketua Kwarcab Kota Tangerang terpilih 2023 – 2027, Suli Rosadi.***

• Ateng San