\

Kapuspen TNI Buka Kejuaraan Nasional Renang Banten Open II di Kota Tangerang

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Kota Tangerang kembali dipercaya menjadi tuan ruamah perhelatan olahraga tingkat nasional. Kali ini, kejuaraan nasional renang Banten Open II yang digelar di Kolam Renang Arya Kemuning Yonif 203 Kota Tangerang, 17 – 19 November 2023.

Kejuaraan nasional ini diikuti sebanyak 46 klub dari Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bali dan Sulawesi Selatan. Tercatat sebanyak 436 atlet renang berlomba dalam Banten Open II 2023 ini.

Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Kapuspen TNI) Laksamana Muda Julius Widjojono membuka langsung kejuaraan renang Banten Open II, Jum’at pagi 17 November 2023 di Kolam Renang Arya Kemuning Yonif 203 Kota Tangerang.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pemud Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang, Komandan Batalyon 203 Arya Kemuning Mayor Inf Isnanto Roy Saputro, Ketua Koni Kota Tangerang Dirman, Ketua Akuatik Indonesia Provinsi Banten Agus Sutisna dan undangan lainnya.

Kejuaraan renang Banten Open II juga menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar. Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan ketika dirinya masuk ke depan arena kejuaraan, terlihat para usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari warga sekitar yang berjualan aneka makanan dan minuman.

“Kejuaraan renang Banten Open tingkat naaional ini perlu terus dilaksanakan, terutaman untuk membangun individu-individu yang berkarakter,” tegas Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Wijdojono.

Dikatakannya lebih lanjut, kejuaraan ini juga menjadi langkah perenang ke tingkat nasional agar para atlet ini mampu berprestasi di arena internasional dan bendera merah putih berkibar di kancah dunia.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang (kiri) bersama Ketua Koni Kota Tangerang Dirman (tengah) dan Komandan Yonif 203 Arya Kemuning Mayor Inf Isnanto Roy Saputro berbincang-bincang di sela pembukaan kejuaraan renang nasional Banten Open II yang digelar di Kota Tangerang. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

“Saya lihat dari posturnya, lengannya, tadi saya diskusikan bahwa ini adalah calon-calon untuk pengibar merah putih di kejuaraan internasional,” ungkap Kapuspen TNI Laksamana Muda Julius Widjojono.

Sementara itu Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengatakan kejuaraan nasional renang Banten Open II ini lebih besar dari yang pertama.

“Tadi saya mendengar laporan dari panitia pesertanya mencapai 436 perenang dengan jumlah klub sebanyak 46 dari berbagai daerah di tanah air. Ini luar biasa dan saya mengapresiasi panitia,” jelas Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang.

Kepala Dispora Kota Tangerang berharap pada perhelatan selanjutnya di tahun depan pesertanya lebih banyak lagi dan para atlet mampu memecahkan rekor-rekor renang baru.

“Sebagai tuan rumah Kota Tangerang, saya atas nama Pemerintah Kota Tangerang mengucapkan selamat hadir di Kota Tangerang, selamat bertanding,” ucap Kaonang.

Kepala Dispora Kota Tangerang juga menegaskan setiap perhelatan olahraga tingkat regional, nasional dan internasional di arena venue dipenuhi UMKM. Perhelatan olahraga ini menjadi bagian penggerak ekonomi maayarakat.

“Saya juga mendapat laporan, hotel-hotel di sekitaran venue kejuaraan renang nasional Banten Open II ini kamarnya penuh oleh tamu dari berbagai daerah yang mengikuti perhelatan olahraga ini,” ungkap Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang.***

• Ateng San