\

Kejuaraan Nasional Bola Voli, 84 Tim dari 21 Provinsi Bertanding di Kota Tangerang

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Sebanyak 84 tim bola voli putera-puteri bertanding di arena kejuaraan nasional U-17, U-40 dan U-45 di Kota Tangerang. Tim U-17 yang berlaga ini masing-masing 36 putera dan 34 puteri berasal dari 21 provinsi digelar di Gor Gondrong dan Gor Jatiuwung, 19 – 26 November 2023.

Bersamaan dengan ajang ini, juga digelar kejuaraan nasional U-40 puteri dan U-45 putera di Gor Jatiuwung, penyisihan Sabtu 25 November. Sedangkan final Minggu 26 November 2023 digelar di Gor Gondrong. Di kejuaraan nasional U-40 puteri dan U-45 putera ini diikuti 14 tim dari enam provinsi.

Pembukaan kejuaraan nasional bola voli U-17 dan U-40 dan U-45 Mavi ini dilakukan di Gor Gondrong Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Senin pagi 20 November 2023.

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo membuka langsung kejuaraan nasional ini di Gor Gondrong.

Hadir pada kesempatan tersebut pengurus Mavi, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kota Tangerang Kaonang, Kabid Olahraga Dispora Kota Tangerang Jejen Jaenudin, Ketua Tim Kerja Olahraga Dispora Kota Tangerang Edi Ruhiyat dan Elvida Nuke Nilvana, pengurus Koni Kota Tangerang Acep Suhardiman serta Ketua PBVSI Kota Tangerang Dimyati.

Pembukaan kejuaran nasional bola voli U-17 putera-putri, U-40 puteri dan U-45 putera dihadiri Ketua PP PBVSI Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo, Pengurus Mavi, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kota Tangerang Kaonang, Kabid Olahraga Dispora Kota Tangerang Jejen Jaenudin, Ketua Tim Kerja Olahraga Dispora Kota Tangerang Edi Ruhiyat dan Elvida Nuke Nilvana, pengurus Koni Kota Tangerang Acep Suhardiman serta Ketua PBVSI Kota Tangerang Dimyati di Gor Gondrong Kecamatan Cipondoh. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

Ketua PP PBVSI Imam Sudjarwo mengungkapkan kekagumannya atas jumlah peserta pada kejuaraan nasional ini. Sepanjang kejuaraan nasional dari pertama sampai keenam, baru yang ketujuh ini pesertanya membludak mencapai 70 tim ditambah 14 tim dari Mavi.

Dijelaskan oleh Imam Sudjarwo, ajang ini merupakan pembinaan prestasi dari Pengurus Pusat PBVSI untuk mencari bibit-bibit baru yang nantinya bisa berlaga di arena Sea Games, Asian Games bahkan Olimpiade Brisbane – Australia tahun 2032.

“Saatnya sekarang kita mempersiapkan diri untuk ke depan. Kita pantau pemain-pemain ini, di kita ada pemandu bakat, nanti yang bagus kita ambil, kita sekolahkan untuk menghadapi Olimpiade Brisbane 2032,” jelas Ketua PP PBVSI Imam Sudjarwo.

Menyinggung venue yang digunakan kejuaraan nasional bola voli ini, Imam Sudjarwo menyebutkan gor di Kota Tangerang cukup refresentatif. Tetapi untuk perhelatan internasional, Pemkot Tangerang perlu menyiapkan sarana dan prasarana yang standar internasional.

Sementara itu Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang mengatakan untuk kejuaraan nasional ini Kota Tangerang menyediakan tiga gor yakni Gondrong, Jatiuwung dan Cipondoh. Harapannya para atlet dapat memakai venue-venue itu dengan nyaman dan kejuaraan nasional ini dapat berjalan dengan baik.

“Untuk ke depan Pemerintah Kota Tangerang menambah satu venue bertaraf internasional di Nambo Jaya Kecamatan Karawaci. Maka kami tawarkan kepada Ketua Umum Pengurus Pusat PBVSI untuk menyelenggarakan kejuaraan bertaraf internasional di Kota Tangerang dan beliau menyambut dengan baik,” ungkap Kepala Dispora Kaonang didampingi Kabid Olahraga Dispora Jejen Jaenudin, Ketua Tim Kerja Olahraga Dispora Edi Ruhiyat dan Elvida Nuke Nilvana.

Semoga ke depan, sambung Kaonang, Kota Tangerang bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk menyenggarakan kejuaraan bertaraf internasional. Kejuaran-kejuaraan bertaraf nasional dan internasional, merupakan langkah Pemerintah Kota Tangerang mewujudkan sport tourism dan sportainment.***

• Ateng San