\

Kejuaraan Tinju Amatir Antarsasana Kota Tangerang Digelar, Atlet Mendapat Jaminan BPJS Ketenagakerjaan

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Pertama kali diadakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengadakan kejuaraan tinju amatir antarsasana se-Kota Tangerang. Pada pembukaan, dihadiri Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang, Ketua Koni Kota Tangerang Dirman, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol Zain Setyadi, Kepala Bidang Olahraga Dispora Jejen Jaenudin, Kepala Bidang Pemuda Dispora Supendi, Sub Koordinator Olahraga Dispora Edi Ruhiyat dan Elvida Nuke Nilvana, Lurah Jatake Budi Wasono serta ketua dari masing-masing sasana yang berada di bawah asuhan Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Tangerang, di Gor Jatiuwung Kota Tangerang, Selasa 5 September 2023.

“Ini merupakan pertandingan cabang olahraga tinju amatir antarsasana yang pertama kali digelar di Kota Tangerang. Tentunya untuk mencari bibit unggul serta melatih mental para atlet dalam pertandingan. Karena mereka nantinya akan bertanding secara perorangan. Meski dari sasana, namun saat bertanding mereka membawa nama masing-masing,” tutur Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang yang juga Ketua Pengurus Cabang Pertina Kota Tangerang.

Kaonang mengungkapkan ada 65 peserta dari empat sasana yang ada di Kota Tangerang. Kejuaraan ini diikuti dari berbagai kalangan usia, mulai dari 10 tahun hingga 35 tahun. Mereka akan bertanding sesuai kategori, serta kelas yang berbeda pada putra dan putri.

“Pertandingan akan berlangsung sampai besok Rabu 6 September 2023. Jadi ada tiga kategori yakni Yunior, Youth, dan Elite. Dengan kelas dari 30kg, sampai kategori elite itu di lebih 92kg. Dan sasana yang mengikuti kejuaraan tinju amatir ini ada Mutiara Naga Pabuaran, Benteng Surya, Sobandi Boxing Camp, Wijaya Kusuma Boxing Camp,” ungkapnya.

Pada pembukaan, dihadiri Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang, Ketua Koni Kota Tangerang Dirman, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol Zain Setyadi, Kepala Bidang Olahraga Dispora Jejen Jaenudin, Kepala Bidang Pemuda Dispora Supendi, Sub Koordinator Olahraga Dispora Edi Ruhiyat dan Elvida Nuke Nilvana, Lurah Jatake Budi Wasono serta ketua dari masing-masing sasana yang berada di bawah asuhan Pertina Kota Tangerang.

Lanjutnya, mereka akan memperebutkan Juara 1, 2, dan 3 untuk putra dengan berbagai kategori. Sedangkan pada putri hanya Juara 1 dan 2 dengan total hadiah Rp20 juta, piala serta sertifikat.

“Harapannya kejuaraan ini dapat melahirkan atlet-atlet baru di Kota Tangerang yang dapat mewakili ke tingkat Provinsi Banten, nasional bahkan internasional. Ke depannya bisa menjadi agenda rutin di Kota Tangerang,” kata Kaonang.

Selain itu, para atlet yang bertarung di pertandingan ini mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Ketenagakerjaan apabila terjadi cidera. Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol, Zain Setyadi mengungkapkan sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial memberikan perlindungan kepada para atlet sesuai Undang Undang Nomor 11 Tahun 2022 yang mengamanahkan setiap pelaku maupun atlet berhak mendapatkan jaminan sosial sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Kami hadir di sini memberi perlindungan kepada para atlet tinju di bawah naungan Pertina Kota Tangerang untuk diberikan perlindungan apabila terjadi kecelakaan kerja dan kematian,” jelas Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Cikokol, Zain Setyadi.

Apabila terjadi insiden akibat pertandingan ini, sambung Zain Setyadi maka atlet yang bersangkutan diberikan pelayanan pengobatan di rumah sakit yang bermitra dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang. Untuk biaya perawatan dan pengobatan tanpa batas sesuai dengan kebutuhan medis yang diperlukan untuk pengobatan akibat dari insiden itu.

Sementara itu untuk menyemangati para atlet, pelatih dan wasit hakim, Dispora Kota Tangerang membagikan beberapa doorprize bagi yang beruntung. Terdapat barang elektronik, seperti setrika, magic com, kipas angin, dispenser, dan kompor gas.***

• Sumber TangerangSatu.co.id