\

Kisah Membanggakan Siswa-siswi Surau Merantau Sekolah Alam Tangerang di Festival Maulid 2023

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Festival Maulid Kota Tangerang 2023 memang telah berakhir. Tapi sederet keseruan serta kisahnya tak sedikit masih membekas dan terkesan dibenak kita semua. Salah satu kisah membanggakan yang patut dicontoh atau perlu diketahui masyarakat di balik Festival Maulid Kota Tangerang 2023 ialah kegigihan siswa-siswi Surau Merantau Sekolah Alam Tangerang. 

Yakni, mereka yang belajar berdagang untuk mencari tambahan modal merantau ke suatu daerah atau negara. Diketahui, Merantau adalah program ujian akhir dengan merantau selama 21 hari, yakni siswa menetap dan belajar di daerah yang sudah ditentukan. Satu tahun sebelumnya siswa dipersiapkan dengan keterampilan hidup, manajemen perjalanan, keuangan, bisnis, bekerjasama atau berjejaring hingga bermasyarakat. 

“Kali ini Surau Merantau Sekolah Alam Tangerang tengah mempersiapkan 6 siswa kelas IX untuk berangkat merantau ke Jepang. Untuk mencapai itu, para pelajar mencari modal dengan beragam usaha yang mereka lakukan. Salah satunya, berdagang di Festival Maulid Kota Tangerang 2023 ini,” ungkap Awalina Zulfah, guru Kelas IX. 

Ia pun menjelaskan, ada enam siswa yang berdagang kuliner di Festival Maulid Kota Tangerang 2023, dengan berbagai produk yang dijajakan. Produk yang benar-benar anak-anak olah atau produksi secara mandiri. Mulai dari produk beragam aneka jus, ayam kimchi cepat saji, waffle, camilan kering, risol hingga wafer dan masih banyak lainnya. 

Ini menjadi ajang pembelajaran kemandirian hidup untuk para pelajar. Selain berdagang di festival, para siswa juga berupaya dengan bisnis lainnya. Seperti membuka bioskop mini di sekolah, membuka jasa gambar dan lain sebagainya yang bisa menghasilkan untuk support keberangkatan merantau mereka. Dengan kegiatan bisnis, para pelajar berupaya melihat potensi dan peluang, membangun ketangguhan dan daya juang. 

“Alhamdulillah, lima hari berdagang di Festival Maulid Kota Tangerang 2023 anak-anak mendapat pengalaman yang luar biasa dengan antusias yang tinggi dari pengunjung umum hingga orangtua atau wali murid. Jutaan rupiah pun berhasil anak-anak kumpulkan,” kata Awal. 

Lanjutnya, Festival Maulid Kota Tangerang 2023 merupakan ajang yang sangat bagus untuk dijadikan tempat belajar. Selain untuk menumbuhkan kecintaan dan keteladanan pada Rasulullah. Acara ini juga sukses menjadi media belajar bisnis atau kewirausahaan bagi para siswa.

“Semoga, pengalaman ini menjadi bekal yang luar biasa untuk para pelajar. Serta menjadi nilai inspiratif bagi anak-anak diluar sana, bahwa apa pun yang ingin digapai perlu diiringi dengan usaha yang luar biasa. Semoga, Surau Merantau Sekolah Alam Tangerang dapat terus diberikan kesempatan untuk terlihat diberbagai event bersar Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang,” tuturnya. 

Surau Merantau Sekolah Alam Tangerang dengan program Merantau memang dilakoni di setiap akhir tingkatan kelas dengan level pengalaman yang berbeda-beda. Tahun ini, ada kelas VII dengan tujuan merantau dalam Pulau Jawa yaitu Tegal, kelas VII merantau ke luar Pulau Jawa yaitu Lombok dan kelas IX merantau ke luar negeri yaitu Jepang.***

  • Sumber MEDIAREPUBLIKAN.COM