\

Logo, Maskot dan Tagline Popda XI Banten 2024 Kota Tangerang Diluncurkan, Ini Filosofinya

SATELITNEWS.COM, TANGERANG—Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang telah meluncurkan maskot, logo, serta tagline Pekan Olahraga Pelajar Daerah XI (Popda XI) yang digelar di Kota Tangerang tahun ini. Hal itu berdasarkan hasil dari pemilihan para peserta yang mengikuti sayembara pembuatan maskot, logo dan tagline yang diadakan akhir tahun 2023.

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang, menuturkan penentuan maskot, logo serta tagline ini berdasarkan dari hasil pemilihan sayembara yang diikuti 107 orang secara terbuka se-Indonesia. Dimana maskot Popda XI dimenangkan oleh Santoso dari Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Terinspirasi dari kearifan lokal masyarakat Kota Tangerang yaitu ikan bloso. Hal  ini bertujuan untuk memperkuat identitas maskot yang berasal dari Kota Tangerang dan menjadi salah satu hewan yang ikonik di sungai Cisadane, Kota Tangerang.

MASKOT POPDA XI BANTEN: Ada pun maskot Popda XI Banten Kota Tangerang adalah ikan Bloso yang selama ini banyak menghuni Sungai Cisadane Tangerang. ISTIMEWA

“Dengan makna kearifan lokal Kota Tangerang, maskot ikan bloso ini diharapkan dapat memberikan semangat kebersamaan, persahabatan, dan semangat meraih prestasi dalam ajang Popda XI Banten 2024 di Kota Tangerang,” tuturnya.

Selanjutnya, Kaonang menungkapkan pada logo Popda XI Banten 2024 secara keseluruhan logo adalah bentuk abstraksi simbol silat beksi dengan posisi siap bertanding. Seperti diketahui, silat beki merupakan seni bela diri yang berkembang dan menjadi warisan budaya di Kota Tangerang. Sehingga logo ini melambangkan kekuatan fisik dan mental, serta mencerminkan semangat, kekuatan dan kompetitifitas dalam olahraga. Logo Popda XI Banten 2024 merupakan karya Agung Wibowo dari Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.

TAGLINE: Ada pun tagline dari Popda XI adalah Semangat Gede Jasa. ISTIMEWA

Tak ketinggalan, Popda XI Banten 2024 pun memiliki tagline yakni Semangat Gede Jasa yang merupakan kepanjangan dari Semangat Bergelora Demi Juara dan Kebersamaan. Hasil karya Novan Saparullah Sahputra dari Kota Serang ini, memiliki dua unsur yang menjadi penyeimbang dalam tagline ini, yaitu unsur sportivitas dan solidaritas. Dimana makna unsur tersebut sebagai semangat untuk menjadi juara serta menjalin persaudaraan dan kebersamaan, yang juga berarti semangat menjungjung tinggi fairplay.