\

Maskot, Logo serta Tagline Popda XI dan Peparpeda VIII Banten 2024 Diluncurkan

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang meluncurkan maskot, logo serta tagline Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) dan Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda)VIII Banten 2024. Hal itu berdasarkan hasil dari pemilihan para peserta yang mengikuti sayembara pembuatan maskot, logo dan tagline yang diadakan di akhir 2023 lalu.

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang menuturkan penentuan maskot, logo serta tagline ini berdasarkan dari hasil pemilihan sayembara yang diikuti 107 orang secara terbuka se-Indonesia. Pada maskot Popda XI dan Peparpeda VIII dimenangkan oleh Santoso dari Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Terinspirasi dari kearifan lokal masyarakat Kota Tangerang yaitu ikan bloso. Hal  ini bertujuan untuk memperkuat identitas maskot yang berasal dari Kota Tangerang dan menjadi salah satu hewan yang ikonik di sungai Cisadane, Kota Tangerang.

Tahline Popda dan Peparpeda Banten 2024.

“Dengan makna kearifan lokal Kota Tangerang, maskot ikan bloso ini diharapkan dapat memberikan semangat kebersamaan, persahabatan dan semangat meraih prestasi dalam ajang Popda XI dan Peparpeda VIII Banten 2024 di Kota Tangerang, maka dari itu kami memilih maskot karya Santoso,” tutur Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang, Selasa pagi 16 Januari 2024.

Selanjutnya, Kaonang menungkapkan pada logo Popda dan Peparpeda Banten 2024 secara keseluruhan logo adalah bentuk abstraksi simbol silat beksi dengan posisi siap bertanding. Silat beksi merupakan seni bela diri yang berkembang dan menjadi warisan budaya di Kota Tangerang. Sehingga logo ini melambangkan kekuatan fisik dan mental, serta mencerminkan semangat, kekuatan dan kompetitifitas dalam olahraga. Logo Popda dan Peparpeda Banten 2024 merupakan karya Agung Wibowo dari Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.

Maskot Popda dan Peparpeda Banten 2024.

Tak ketinggalan, Popda dan Peparpeda Banten 2024 pun memiliki tagline yakni “Semangat Gede Jasa” yang merupakan kepanjangan dari Semangat Bergelora Demi Juara dan Kebersamaan. Tagline ini hasil karya Novan Saparullah Sahputra dari Kota Serang, memiliki dua unsur yang menjadi penyeimbang dalam tagline, yaitu unsur sportivitas dan solidaritas. Makna unsur tersebut sebagai semangat untuk menjadi juara serta menjalin persaudaraan dan kebersamaan, yang berarti semangat menjunjung tinggi fairplay.

“Tentunya dengan adanya maskot, logo serta tagline untuk Popda dan Peparpeda Banten 2024, menjadi identitas tersendiri. Pastinya memberikan warna baru untuk pertandingan bergengsi yang akan dilaksanakan 8 – 13 Juni 2024 mendatang di Kota Tangerang,” tutup Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang.***

  • Ateng Sanusih