\

Pengamat Sebut Kota Tangerang Sukses Jadi Sport Tourism City

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Kota Tangerang kini menjadi salah satu daftar tuan rumah kejuaraan olahraga tingkat provinsi hingga nasional. Terbukti berbagai pertandingan bergengsi digelar di Kota Tangerang sejak kesuksesan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten tahun 2022 lalu.

Hal tersebut karena adanya fasilitas sarana olahraga yang berstandar, menjadikan Kota Tangerang layak sebagai penyelenggaraan kejuaraan olahraga. Tentunya tak lepas dari kesiapan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Tangerang menjadi ujung tombak Pemerintah Kota Tangerang bersama para pengurus cabang olahraga dan Koni dalam melakukan gebrakan penyelenggaraan perhelatan kejuaraan olahraga tingkat regional, nasional dan internasional.

Tercatat, setelah Porprov VI Banten, ada pula pertandingan tenis meja internasional yang diikuti para atlet mancanegara, babak kualifikasi PON cabang olahraga rugby, kejuaraan nasional Pra PON cabang olahraga anggar yang diikuti 25 provinsi, kejuaraan bulutangkis nasional open, dan yang akan segera digelar ialah kejuaraan nasional bola voli antar klub U-17 tahun 2023 serta international drum corps association yang diikuti sejumlah negara, kejuaraan nasional panjat tebing.

Pertandingan tersebut digelar di beberapa sarana olahraga seperti Stadion Benteng Reborn, Gor Gondrong dan masih banyak lagi.

Terselenggaranya perhelatan tersebut, membuktikan bahwa pembangunan dan revitalisasi saranan olahraga digunakan sebagai mana mestinya. Tidak hanya sebagai sarana olahraga dan kegiatan masyarakat Kota Tangerang, namun juga digunakan sebagai penyelenggaraan kejuaraan hingga tingkat nasional.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh pengamat politik dan kebijakan publik, Adib Miftahul. “Adanya peremajaan seperti Stadion Benteng Reborn, hingga pembangunan Gor di 13 kecamatan ini membuktikan Kota Tangerang serius dalam mewujudkan kota yang layak huni dan dikunjungi. Selain itu saya melihat adanya penyelenggaraan kejuaraan tingkat kota, provinsi hingga nasional menjadikan Kota Tangerang layak sebagai sport tourism dan itu sangat bagus,” ucapnya, dalam siaran pers Kominfo Kota Tangerang yang diterima redaksi 11 Oktober 2023.

Ia mengatakan, pembangunan sarana olahraga ini sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kota Tangerang. Sehingga mereka memiliki ruang ekspresi dalam berolahraga dan berkreativitas dalam hal positif. Apalagi apabila anak-anak muda tidak diberikan fasilitas sarana olahraga yang menunjang, maka hal ini berpengaruh pada perkembangan prestasi mereka di dunia olahraga.

“Saya sangat mengapresiasi Walikota Tangerang serta Wakil Walikota Tangerang yang tidak hanya memenuhi kebutuhan sosial, namun juga berbagai aspek yang dirangkul demi kesejahteraan masyarakatnya. Seperti halnya penyelenggaraan bergengsi tingkat Provinsi dan Nasional  ini tidak hanya menumbuhkan gairah dalam berolahraga, namun pertumbuhan ekonomi juga dapat terjadi dengan adanya wisatawan yang datang ke Kota Tangerang,” tutur Adib.***

• Sumber TANGERANGSATU.CO.ID