\

Perdana di Banten, Petanque Open Tournament National 2024 Digelar di Kota Tangerang

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Ajang pertandingan olahraga bergengsi tingkat nasional kembali digelar di Kota Tangerang, yakni Petanque Open Tournament National Walikota Tangerang Cup 2024. Gelaran diselenggarakan Federasi Olahraga Petanque (Fopi) Kota Tangerang dan didukung Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang resmi dibuka Penjabat (Pj) Walikota Tangerang Nurdin, Jumat 26 Januari 2024 di Venue Petanque, Graha Bhakti Karya Modernland, Kota Tangerang. 

Pembukaan tersebut turut dihadiri Plh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Andi Susanto, Ketua Fopi Provinsi Banten Djufri Noor, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kota Tangerang Dirman, Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang, Kabid Olahraga Dispora Jejen Jaenudin, Kabid Pemuda Dispora Supendi serta sejumlah Ketua Tim Kerja Dispora serta seluruh atlet yang akan bertanding.

Pj Walikota Tangerang, Nurdin menegaskan kejuaraan petanque ini menjadi kesempatan yang membahagiakan karena melalui olahraga bisa memperkenalkan Kota Tangerang dengan segala kelebihannya. Peserta kejuaraan petanque ini dari seluruh Indonesia. Pj Walikota Nurdin berharap ke depan bisa menggelar kejuaraan yang lebih besar.

Nurdin juga menegaskan untuk meningkatkan pola sehat masyarakat diperlukan upaya pencegahan dengan pendekatan peduli kesehatan. Salah satu agar masyarakat tetap sehat disamping upaya-upaya kesehatan adalah dengan menggelorakan semangat olahraga.

“Agar masyarakat berolahraga, di dalam olahraga itu badannya akan sehat. Di dalam tubuh yang sehat terdapat otak yang waras,” ungkap Pj Walikota Tangerang Nurdin.

Plh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Andi Susanto, sangat mengapresiasi terselenggaranya kejuaran olahraga petanque di Kota Tangerang. Apalagi ini merupakan turnamen tingkat nasional dan cabang olahraga petanque terbilang baru di Indonesia. Sehingga ini dapat mempopulerkan Petanque kepada masyarakat.

Andi Susanto pun mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mampu merangkul organisasi cabang olahraga untuk mengembangkan olahraga lewat diadakannya kejuaraan tingkat Kota bahkan Nasional. Tak hanya itu, dengan adanya fasilitas sarana dan prasarana menunjang yang dapat meningkatkan wisata serta perekonomian di Kota Tangerang.

Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang Pemerintah Kota Tangerang mendukung penuh terselenggaranya kejuaraan petanque yang digelar di venue satu-satunya di Provinsi Banten. Kaonang berharap dengan venue petanque yang luas di Kota Tangerang ini, kejuaraan cabang olahraga tersebut dalam skala nasional lebih sering digelar di sini.

“Saya melihat animo peserta untuk mengikuti kejuaraan petanque ini luar biasa. Dari panitia menjelaskan sebanyak 150 tim junior dan umum dengan jumlah atlet, pelatih serta official mencapai 800 orang terjun dalam kejuaraan ini,” ungkap Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang.

Ketua Koni Kota Tangerang, Dirman menuturkan cabang olahraga petanque meskipun tergolong baru masuk hadir di masyarakat tetapi perkembangannya cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya atlet yang ambil bagian dalam kejuaraan petanque piala Walikota Tangerang 2024.

Petanque Open Tournament National Walikota Tangerang Cup 2024 diikuti 150 tim dari enam se-Indonesia. Dengan mempertandingkan dua kategori yakni umum putera puteri dan U-17 yang akan memperebutkan piala Wali Kota Tangerang dan total hadiah sebesar Rp30 juta. Tentunya diharapkan ajang ini semakin mengembangkan sport tourism di Kota Tangerang. 

Ketua Fopi Kota Tangerang, Kunto Budhyarto mengatakan turnamen ini akan berlangsung selama tiga hari dari 26-28 Januari 2024. Di hari pertama kategori double junior yang dibagi menjadi beberapa grup, setelah itu akan ada penyisihan dengan sistem knock out. Tentunya dalam satu tim terdapat lima orang atlet yang berjuang memperebutkan juara 1, 2, 3 serta uang pembinaan bagi 16 besar.

Kota Tangerang dijadikan lokasi untuk pertandingan petanque tingkat nasional bukan tanpa alasan. Ketua Fopi Provinsi Banten, Djufri Noor menilai Kota Tangerang memiliki fasilitas venue untuk cabor petanque terbaik di Indonesia. Selain itu, lokasinya yang strategis untuk kontingen dari kota/kabupaten lainnya ikut serta pada Petanque Open Tournament National Wali Kota Tangerang Cup 2024.

“Kami melihat lapangan petanque ini merupakan yang terbaik di Indonesia. Bahkan kami sempat memberikan kabar ke negara lain,  mereka sangat tertarik untuk diadakannya turnamen Petanque di Kota Tangerang. Tentunya ini dapat menjadi daya tarik negara lain untuk datang kesini, sekaligus meramaikan kejuaraan Petanque tingkat internasional,” tutur Djufri.

• Ateng Sanusih