\

Peringati Sumpah Pemuda dan Ulang Tahun Provinsi Banten di Kota Tangerang Digelar Rupa-rupa Fest

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Perhelatan Rupa-rupa Fest yang digelar di Taman Elektrik Kota Tangerang 27 – 29 Oktober 2023, adalah dalam acara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 95 dan hari ulang tahun Provinsi Banten ke 23 tingkat Kota Tangerang. Dalam perhelatan itu dikemas dengan beragam acara di antaranya menggelar gerai-gerai usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Tangerang untuk membangkitkan ekenomi masyarakat.

Di situ juga ada gerai pelayanan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Tangerang, antara lain Dinas Kesehatan, Badan Pengelola Keuangan Daerah, Dinas Tenaga Kerja, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, gerai Samsat serta Perpustakaan Keliling.

“Rangkaian kegiatan ini juga menyuguhkan lomba-lomba dan pergelaran musik dari band-band lokal Kota Tangerang. Di hari Sabtu 28 Oktober 2023, digelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun Ahmad Yani,” jelas Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda Olahraga (Kabid Pemuda Dispora) Kota Tangerang, Supendi, Kamis 26 Oktober 2023.

Dalam upacara Hari Sumpah Pemuda ini, sambung Supendi, semua pelaksananya dari para pemuda berprestasi. Sedangkan di hari Minggu, akan ada acara hari ulang tahun Provinsi Banten. “Insyaa Allah akan dihadiri bapak Pj Gubernur Banten,” beber Supendi.

Sementara itu pemerhati Tangerang Live, Yahya Suhada, menegaskan acara itu sudah menjadi agenda tahunan serta dirancang beberapa bulan sebelumnya.

“Acara ini bukan dadakan seperti tahu bulat. Ini sudah teragendakan jauh hari sebelumnya,” jelas Yahya Suhada.

Perhelatan Hari Sumpah Pemuda yang bertajuk “Rupa-rupa Fest” itu bagian dari wadah pemuda dan masyarakat untuk berkreasi dalam membangun Kota Tangerang.

“Pemkot mewadahi aneka kreativitas pemuda untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kota Tangerang. Makanya tema dalam perhelatan ini yakni dinamakan “Rupa-rupa Fest”. Yang isinya Rupa-rupa kreativitas pemuda terwadahi dalam gelaran ini,” beber tokoh pemuda Kota Tangerang, Yahya Suhada.

Ia juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang terjadi di tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing pekan lalu. Musibah itu, kata Yahya, kini sudah tertangani oleh Pemkot Tangerang yang dibantu berbagai pihak.

“Kami mengapresiasi upaya Pemkot Tangerang dalam menanggulangi kebakaran TPA Rawa Kucing dan kini sudah teratasi. Kebakaran TPA Rawa Kucing kini menjadi status tanggap darurat,” ungkap Yahya Suhada. ***

• Ateng