\

Pimpin Apel Siaga Bencana, Pj Walikota Tangerang Ingatkan Mitigasi Bencana Saat Pemilu

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Dalam rangka mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi kapanpun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, menggelar apel siaga bencana di Taman Elektrik, Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Selasa pagi 23 Januari 2024.

Apel tersebut diikuti 320 personil gabungan yang berasal dari unsur TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), PUPR, Pol PP, PMI, Pramuka dan relawan lainnya.

Dalam arahannya, Pj Walikota Tangerang, Nurdin menyampaikan, apel siaga bencana ini untuk memastikan kesiapsiagaan Kota Tangerang dalam menghadapi bencana.

“Bencana alam bisa datang kapan saja, tanpa diduga. Oleh karena itu, kesiapsiagaan menjadi kunci utama dalam menghadapi bencana,” ujar Pj Walikota Nurdin, saat memimpin apel.

Nurdin menyampaikan Kota Tangerang merupakan kota besar yang beresiko terkena dampak bencana baik itu bencana alam maupun kebakaran. Oleh karena itu, kesiapsiagaan personil, masyarakat dan peralatan dalam mengatasi risiko bencana harus terus ditingkatkan.

Penjabat Walikota Tangerang Nurdin meninjau Tim Pramuka Peduli dalam apel kesiapsiagaan bencana.

“Semua kesiapsiagaan kita mulai dari sarana prasarana harus terus ditingkatkan, lakukan simulasi dan sosialisasi karena ini penting agar masyarakat dapat memahami langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi bencana,” kata Pj Walikota Nurdin pada apel yang dihadiri Kapolres Metro Tangerang Kota, Komandan Kodim 0506 Tangerang dan Kepala SAR Jakarta.

Tak hanya itu, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Nurdin juga mengingatkan, agar seluruh stakeholder bisa mengantisipasi terjadinya bencana pada saat proses pemilihan berlangsung.

“Sebentar lagi tanggal 14 Februari 2024 yang merupakan pesta demokrasi, tentunya kita harus siap siaga dalam menghadapi kemungkinan yang bisa terjadi di Tempat Pemungutan Suara,” ucap  Nurdin.

Pj Walikota Nurdin berharap, dengan kesiapsiagaan, Kota Tangerang dapat menghadapi bencana dan dapat segera pulih jika terjadi bencana.

“Mari bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Bangun koordinasi dan berkolaborasi dalam upaya pencegahan, mitigasi, bencana di Kota Tangerang,” pungkasnya.***

• Ateng San