\

Sachrudin Sebut IDCI 2023 di Stadion Benteng Reborn Menuju Perhelatan Lebih Besar

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Diperlukan kekompakan kebersamaan semua pihak yang terkait agar perhelatan Indonesia Drum Corps International (IDCI) dapat berlangsung dengan sukses. Panitia pelaksana  diharapkan dapat menyelenggarakan perhelatan internasional ini dengan sebaik-baiknya.

Pesan itu disampaikan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat menghadiri rapat koordinasi panitia pelaksana IDCI dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di ruang VIP Stadion Benteng Reborn, Jalan TMP Taruna, Rabu siang 8 November 2023.

Hadir dalam rapat itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Kaonang, Sekretaris Dispora Eny Nuraeni, Kepala Bidang Olahraga Dispora Jejen Jaenudin, Kepala Bidang Pemuda Dispora Supendi, Ketua Kormi Kota Tangerang M Hanan Hamadi serta Ketua Indonesia Drum Corps Association (IDCA) Kota Tangerang Arief Hidayat, perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Palang Merah Indonesia serta OPD lainnya.

Kota Tangerang menjadi tuan rumah perhelatan IDCI yang digelar 10 – 12 November 2023. Perlombaan drum corps yang dihadiri 35 tim dari dalam dan luar negeri ini digelar di Stadion Benteng Reborn.

Diungkapkan Wakil Walikota Sachrudin lebih lanjut, gelaran IDCI 2023 di Kota Tangerang ini merupakan uji coba untuk dapat menyelenggarakan perhelatan lebih besar lagi yang tim pesertanya dari banyak negara.

Sementara itu Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengatakan penyelenggaraan IDCI  yang diikuti tim peserta dari luar negeri ini bagi Indonesia gelaran perdana.

“Untuk menjadi tuan rumah yang baik maka kita lakukan koordinasi dengan semua pihak. Harapannya penyelenggaraan ini berlangsung dengan lancar dan suksea,” beber Kepala Dispora Kaonang.

Dikatakan Kaonang lebih lanjut, IDCI ini diharapkan menjadi agenda tahunan IDCA Kota Tangerang dengan jumlah peserta lebih besar dari yang perdana ini.

“Harapannya ialah pada penyelenggaraan tahun berikutnya banyak negara dari Benua Eropa, Asia dan Amerika yang mengirimkan tim untuk berlomba di IDCI. Ini adalah sport tourism dan sport tainment yang kini digencarkan Dispora Kota Tangerang,” jelas Kaonang.

Ketua Panitia IDCI 2023, Arief Hidayat menerangkan sebanyak 33 tim dari dalam negeri ditambah dua tim dari luar negeri telah memastikan untuk menjadi peserta IDCI 2023. Yang dari luar negeri yakni peserta Negeri Gajah – Thailand menyertakan dua tim. Diperkirakan mencapai 3000 peserta akan hadir di Kota Tangerang.

Arief Hidayat yang juga Ketua IDCA Kota Tangerang lebih lanjut menjelaskan, selain tim yang akan serta, IDCI 2023 ini juga dihadiri delegasi dari Amerika Serikat, Thailand, Malaysia, Filipina dan Asean. Tak hanya itu, sambung dia, ada tiga juri IDCI ini yang didatangkan khusus dari Amerika Serikat.

Arief Hidayat menyebutkan pada perhelatan tersebut, diperkirakan sebanyak 3000 peserta dari dalam dan luar negeri akan kumpul di Stadion Benteng Reborn untuk unjuk kebolehan.***

• Ateng Sanusih