\

Saksikan Motocross di Sirkuit Sewan, Walikota Arief: Kota Tangerang Semakin Dikenal Sebagai Sport Tourism

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Perhelatan motocross piala Walikota Tangerang 2023 berhadiah total Ro190 juta di Sirkuit Sewan, Selapajang Kecamatan Neglasari diikuti sebanyak 190 pembalap dari Jawa – Bali, 16 – 17 Desember 2023. Mereka yang turun ke arena sirkuit mulai dari pemula sampai senior.

Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaonang Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) menyaksikan langsung balap motor tersebut, Minggu 17 Desember 2023.

“Kita lihat antusias peserta luar biasa dari paling muda usia 12 tahun sampai dewasa. Mereka selain belajar tentang skill juga sportivitas. Melalui perhelatan ini kita berharap Kota Tangerang semakin dikenal masyarakat Indonesia sebagai daerah sport tourism. Mudah-mudahan ini bagian dari kebanggan Kota Tangerang,” ungkap Arief R Wismansyah.

Walikota Tangerang berkeinginan pula ke depan pemerintah kota semakin melengkapi fasilitas sarana prasarana di arena Sirkuit Sewan. Terwujudnya sirkuit ini karena kolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya Angkasa Pura II serta masyarakat.

“Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Tangerang untuk mengembangkan daerah. Di sini kan potensinya ada usaha mikro kecil menengah, hotel dan restoran. Mereka, para tim pembalap akan berkunjung ke Kota Tangerang,” beber Walikota Arief.

Antusias peserta luar biasa dari paling muda usia 12 tahun sampai dewasa. Mereka selain belajar tentang skill juga sportivitas. Melalui perhelatan ini kita berharap Kota Tangerang semakin dikenal masyarakat Indonesia sebagai daerah sport tourism. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengungkapkan ke depannya akan lebih meningkatkan perhelatan motocross yang lebih besar sehingga bisa diikuti para pembalap internasional.

“Seperti yang diungkapkan Bapak Walikota Tangerang ingin mendorong Kota Tangerang menjadi sport tourism. Mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam gelaran ini. Semoga kita mampu menyelenggarakan kejuaraan ini lebih baik. Kejuaraan ini menjadi agenda tahunan di Kota Tangerang,” terang Kepala Dispora Kaonang didampingi Kabid Olahraga Jejen Jaenudin, Kabid Pemuda Supendi dan Ketua Tim Kerja Olahraga Elvida Nuke Nilvana.

Kaonang menambahkan, keinginan para peserta agar perhelatan serie nasional bisa digelar di Sirkuit Sewan Kecamatan Neglasari dengan ditambah sarana dan prasaran serta peningkatan arena sirkuit, akan menjadi catatan Pemkot Tangerang. Sehingga nantinya bisa digelar beragam kejuaraan balap motor di Sirkuit Selapajang.

Sementara itu Ketua IMI Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan mengatakan keunggulan Kota Tangerang menjadi sport tourism dan sportainment karena bersebelahan dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta dan akses jalannya tidak macet serta tersedia banyak hotel dan rumah sakit.

“Kota Tangerang dari Kota Seribu Industri dan Sejuta Jasa kini bertambah dengan Kota Sport Tourism dan Sportainment,” terang Ketua IMI yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan.***

• Ateng San