\

Sapa Sehat Tingkat Kota Tangerang Ajak Masyarakat Hidup Bugar

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakatnya. Salah satunya, dengan terus menggelorakan program Sapa Sehat di 104 kelurahan di 13 kecamatan melalui 39 Puskesmas. Kali ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tagerang pun menggelar Sapa Sehat dengan cukup meriah, dipusatkan di Stadion Benteng Reborn, dengan ribuan Kader Kesehatan Kota Tangerang, Jumat pagi 8 Desember 2023.

Sapa Sehat Tingkat Kota Tangerang ini turut dihadiri Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah serta Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah beserta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan pegawai Pemkot Tangerang.

Kepala Dinkes, Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengungkapkan Sapa Sehat Tingkat Kota Tangerang ini dimeriahkan dengan sederet kegiatan. Mulai dari jalan sehat mengelilingi Stadion Benteng Reborn, senam bersama, pemeriksaan kesehatan, makan buah bersama dan dihibur band performance serta puluhan doorprize dengan hadiah utama satu paket umroh gratis.

“Senam Sapa Sehat merupakan program rutin Dinkes Kota Tangerang di wilayah setiap Jumat. Namun, kali ini dikonsep dengan cukup menarik, disatukan di Stadion Benteng Reborn, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Yakni, melalui senam Maumere dan Senam Cerdik,” papar Dini.

Ia pun menjelaskan, dalam kesempatan ini ribuan kader kesehatan juga mengapresiasi Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin yang telah mendedikasikan 15 tahun dan 10 tahunnya untuk Kota Tangerang khususnya pembangunan kesehatan.

“Ribuan kader dari 13 kecamatan membentangkan spanduk bertuliskan Terimakasih Walikota dan Wakil Walikota, Bapak Pembangunan Kesehatan Kota Tangerang. Sapa Sehat kali ini, memang menjadi momentum silaturahmi dan apresiasi para kader ke Walikota dan Wakil Walikota, serta Walikota dan Wakil Walikota ke ribuan kader yang telah berperan penting dalam perubahan atau kemajuan kesehatan di Kota Tangerang,” tegas Dini.

Pelayanan kesehatan yang kini dimiliki di Kota Tangerang di antaranya 39 puskesmas, satu RSUD Kota Tangerang, satu Labkesda, 25 RS umum dan swasta, 1.092 posyandu, enam RS khusus dan 22 ambulans gratis.

Selain itu, di Kota Tangerang juga tersedia Bantuan Pembayaran Biaya Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang kini telah dimanfaatkan 367.476 warga, Cageur Jasa yang telah melayani 441.920 keluarga, skrining Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (FR PTM), pemeriksaan iva test dan eliminasi TBC.

Terlebih tersedianya Kader Sedari Dini Kawal Ibu Hamil dan Bayi (Kader Srikandi), Pendampingan Perawatan Risiko Tinggi Lansia (Peri Lansia), dan Tatalaksana Gizi Buruk Agar Segera Pulih (Laksa Gurih).

“Secara prestasi, Kota Tangerang memiliki indeks kesehatan terbaik di Provinsi Banten dan Indonesia, layanan UHC dengan angka 99,8 persen. Secara penghargaan, Kota Tangerang terakhir meraih penghargaan Kota Sehat tingkat Wistara, STBM Award oleh Kemenkes dan Kemendagri, serta stunting yang terus turun signifikan di angka 6,7 persen,” tutupnya.***

• Ateng San