\

Sebanyak 394 Atlet PPLPD Kota Tangerang Jalani Tes Fisik di Stadion Benteng Reborn

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Sebanyak 394 atlet dan pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) Kota Tangerang dari 25 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI Banten 2024 mengikuti tes fisik di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang.

Pelatihan ini digelar selama dua hari, 8 – 9 Maret 2024 dengan menghadirkan para penguji dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Pelatihan ini digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Kota Tangerang) dengan melibatkan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kota Tangerang.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang didampingi Ketua Bapopsi Kota Tangerang Eny Nuraeni menjelaskan tes fisik atlet PPLPD Kota Tangerang yang menjadi squad Popda XI Banten.

“Tes fisik ini upaya Dispora Kota Tangerang dalam menyiapkan atlet Popda XI Banten yang akan digelar di Kota Tangerang pada Juni 2024,” jelas Kaonang yang juga Ketua Pengurus Cabang Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengcab Pertina) Kota Tangerang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang, Kaonang. (foto: tangerangsatu.co.id/ateng san)

Diungkapkan Kaonang lebih lanjut, tes fisik ini menjadi acuan dalam evaluasi kepada seluruh cabang olahraga yang bertanding di Popda XI Banten 2024. Sebelumnya, menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten 2022, Dispora Kota Tangerang melakukan tes fisik terhadap para atlet pemusatan latihan cabang (puslatcab).

“Hasil tes fisik bagus berkorelasi dengan kwalitas prestasi atlet. Hasil tes fisik ini menjadi dorong bagi para pelatih untuk menyemangati atletnya agar lebih memperkuat ketangguhan fisiknya,” terang Kaonang.

Pelaksanaan tes fisik ini, sambung Kepala Dispora Kaonang akan menjadi evaluasi dalam tes fisik selanjutnya. “Nanti setelah Lebaran Idul Fitri kami akan meyelenggarakan kembali tes fisik bagi para atlet PPLPD Kota Tangerang,” kata Kaonang.***

• Ateng San