\

Semarak Lomba Olahraga Tradisional, Lengkapi Perayaan Pemkot Tangerang Sambut Kemerdekaan

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja mengelar Lomba Kemerdekaan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang tersebut, digelar secara serentak dan meriah di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, pagi ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang menuturkan, Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang ini diisi dengan pertandingan-pertandingan dari cabang olahraga atau permainan tradisional. Seperti dagongan, tarik tambang, balok estafet, balap karung, terompah, makan kerupuk, sampai yang paling istimewa yakni tangkap bebek.

Lanjutnya, Lomba Kemerdekaan ini juga disambut secara antusias, mulai dari Wali Kota Tangerang, pegawai-pegawai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta seluruh lapisan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kota Tangerang.

“Ini adalah bentuk kolaborasi semua pihak dalam rangka menyambut dan menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan. Uniknya, perlombaan yang dipertandingkan merupakan olahraga tradisional dalam jumlah yang banyak, seperti yang bisa kita lihat bersama pagi ini,” ujar Kepala Dispora Kota Tangerang, Kaonang, Jumat 18 Agustus 2023.

Ia melanjutkan, Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang ini juga menjadi kesempatan untuk melestarikan berbagai olahraga atau permainan tradisional yang saat ini mulai tergerus perkembangan zaman. Tak heran, Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang ini berhasil menciptakan atmosfer meriah dari seluruh peserta yang terlibat. Ditambah, keseruan pada Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang ini dilengkapi dengan berbagai hadiah menarik untuk para pemenang lomba.

“Alhamdulillah, Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang ini juga disambut dengan antusias luar biasa. Bisa kita lihat, ratusan pegawai semuanya antusias mengikuti keseruan lomba-lomba. Ini membuktikan kemeriahan kemerdekaan di Kota Tangerang yang sangat kuar biasa. Inilah sejatinya menguatkan semangat kebersamaan, serta menjadi upaya konkrit melestarikan olahraga atau permainan tradisional sebagai warisan budaya bangsa,” lanjutnya.

Selain itu, Lomba Kemerdekaan Kota Tangerang ini diharapkan mampu direfleksikan sebagai momentum mendorong persatuan, kebersamaan, dan gotong royong untuk menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan di Kota Tangerang.

“Semoga ini semua mampu membangkitkan animo masyarakat untuk bersama-sama melestarikan warisan bangsa, serta semangat masih sama, mari mengisi kemerdekaan dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya.***

  • Hayatun Nufus Hasanah