\

Sport Tourism, Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Kota Tangeran

TANGERANGSATU.CO.ID, KOTA TANGERANG – Sport tourism atau wisata olahraga dengan ragam perhelatan di tahun 2023 menjadi sektor baru yang mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Tangerang. Selain sport tourism, ada beberapa faktor yang mendorong datangnya wisatawan, yakni tersedianya puluhan hotel dengan berbagai program penawaran menarik, 17 taman tematik dan wisata kuliner.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengungkapkan hal itu dalam siaran pers Pemkot Tangerang yang diterima redaksi, Senin 29 Januari 2024.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Disbudpar mencatat ada 13.602.628 wisatawan mengunjungi Kota Tangerang. Data tersebut terdiri dari wisatawan sekaligus tamu hotel dan wisatawan yang mengunjungi tempat wisata.

Secara rinci, 13.602.628 wisatawan terdiri dari tamu hotel nusantara sebanyak 1.211.852 orang, tamu hotel mancanegara sebanyak 255.498 orang dan wisatawan tempat wisata sebanyak 12.135.278 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang, Rizal Ridolloh

Secara angka, kata Rizal, kenaikan yang paling signifikan pada sektor wisatawan tempat wisata yang di tahun 2022 hanya diangka 1.197.754 orang. Diidentifikasi, faktor yang mempengaruhi ini ialah sektor ekonomi di Indonesia tak terkecuali Kota Tangerang kian pulih, sehingga aktivitas masyarakat kembali normal bahkan meningkat.

“Tak ketinggalan, tahun 2023 ragam festival kebanggaan Kota Tangerang pun kembali hadir dengan acara atau hiburan yang menarik. Mulai dari Digifest, Festival Al Azhom, Festival Cisadane, dan masih banyak festival lainnya,” jelas Rizal.

“Taman Tematik dengan keberadaan Bus Jawara secara gratis, yang tak henti-hentinya, setiap harinya selalu dikunjungi ratusan pelajar dari berbagai sekolah. Hal ini juga mendorong daya tarik Kota Tangerang,” sambungnya.

Lanjutnya, berdasarkan data, angka hunian hotel di sekitar Bandara Soekarno Hatta juga cukup tinggi. Disebabkan, kembali diizinkannya umrah ke Tanah Suci. Walaupun Kota Tangerang kerap dijadikan area transit, kata Rizal hal tersebut tetap menjadi potensi guna mempromosikan tempat wisata Kota Tangerang.

“Dengan itu, Pemkot Tangerang banyak menjalin kerja sama dengan pihak Bandara Soekarno Hatta. Semoga kemajuan wisatawan ini dapat terus meningkat untuk kemajuan Kota Tangerang,” ungkap Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh.***

• Ateng San