\

Walikota Arief Ingin Kota Tangerang Jadi Destinasi Sport Tourism

MEDIAREPUBLIKAN.COM, KOTA TANGERANG – Walikota Tangerang, Arief Rachadiono Wismansyah, menonton kejuaraan nasional motocross Piala Walikota Tangerang 2023 di Sirkuit Sewan, Selapajang, Kecamatan Neglasari, Minggu 17 Desember 2023.

Dalam kesempatannya, Walikota Arief berharap perhelatan olahraga yang diikutii oleh ratusan pembalap tersebut semakin dapat menjadikan Kota Tangerang sebagai destinasi wisata olahraga atau sport tourism di Indonesia.

“Ini tentunya menambah khazanah gelaran olahraga yang ada di Kota Tangerang sehingga dapat menjadi destinasi sport tourism bagi para pecinta olahraga di Kota Tangerang, Provinsi Banten juga Indonesia.” harap Walikota Arief didampingi Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang dan Ketua IMI Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan.

Terlebih, lanjut Walikota Arief, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen untuk memajukan minat dan potensi olahraga di Kota Tangerang melalui berbagai fasilitas olahraga yang telah disiapkan untuk masyarakat.

“Selain Sirkuit Sewan ini juga ada gedung olahraga dengan fasilitas dan sarana-prasarana yang lengkap dengan tujuan agar dapat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” ujar Walikota Arief.

Apalagi berbagai perhelatan olahraga tingkat nasional dan internasional juga digelar dengan memanfaatkan fasilitas olahraga yang dibangun Pemkot seperti  panjat tebing, bola voli dan juga karate serta rugby hingga marching band.

Walikota Arief mengapresiasi seluruh pihak penyelenggara serta antusiasme dari para pembalap yang turut meramaikan dan memeriahkan kejuaraan motocross tingkat nasional tersebut.

“Luar biasa antusiasme para pembalap bahkan ada yang masih berusia 12 tahun ya tadi. Apresiasi tentunya buat panitia karena selain sebagai ajang kompetisi juga sebagai ajang untuk menciptakan bibit unggul yang akan meneruskan kiprah dan preatasi senior-seniornya di masa mendatang,” pungkas Arief Walikota Arief.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengungkapkan ke depannya akan lebih meningkatkan perhelatan motocross yang lebih besar sehingga bisa diikuti para pembalap internasional.

“Seperti yang diungkapkan Bapak Walikota Tangerang ingin mendorong Kota Tangerang menjadi sport tourism. Mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam gelaran ini. Semoga kita mampu menyelenggarakan kejuaraan ini lebih baik. Kejuaraan ini menjadi agenda tahunan di Kota Tangerang,” terang Kepala Dispora Kaonang didampingi Kabid Olahraga Jejen Jaenudin, Kabid Pemuda Supendi dan Ketua Tim Kerja Olahraga Elvida Nuke Nilvana.

Kaonang menambahkan, keinginan para peserta agar perhelatan serie nasional bisa digelar di Sirkuit Sewan Kecamatan Neglasari dengan ditambah sarana dan prasaran serta peningkatan arena sirkuit, akan menjadi catatan Pemkot Tangerang. Sehingga nantinya bisa digelar beragam kejuaraan balap motor di Sirkuit Selapajang.

Sementara itu Ketua IMI Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan mengatakan keunggulan Kota Tangerang menjadi sport tourism dan sportainment karena bersebelahan dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta dan akses jalannya tidak macet serta tersedia banyak hotel dan rumah sakit.

“Kota Tangerang dari Kota Seribu Industri dan Sejuta Jasa kini bertambah dengan Kota Sport Tourism dan Sportainment,” terang Ketua IMI yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan.***

  • Ateng Sanusih